BREAKING NEWS

[5]

Pemasangan dan setting Tp Link 2.4 High Power Wireless Outdoor CPE TL-WA5210G

Untuk memenuhi kebutuhan  data dan akses internet di lingkungan kerja yang semakin banyak, solusinya  bisa menggunakan 2 cara, yaitu koneksi LAN ( local area network ) dan nirkabel.  
Setelah melalui pertimbangan mendalam, (terutama efisiensi biaya :) ) kami memilih cara yang kedua. Perangkat pemancar wifi kami percayakan dengan merek TP link seri TL-WA5210G yang berjalan di freq 2.4 G, pertimbangan memilih Freq 2.4 G, karena lebih bisa diterima ( kompabilitas)  oleh laptop atau gadget jadul :)
TP Link 2.4 G CPE  TL-WA5210G
wireless CPE  TL-WA5210G + anttena

Case di tempat saya adalah memperbesar coverage area wifi. Sedangkan kami sudah mempunyai modem wifi indoor bawaan telkom speedy. 

Oke lanjut,..
  1. Langkah pertama adalah kita siapkan ubo rampenya : yaitu terdiri dari kabel UTP ( dari AP indoor ke AP outdoor ) , kabel utp dari POE ke LAN indoor, kabel antena secukupnya ( sesuai kebutuhan, beli yang sudah jadi juga ada ) , antena omni merk TP Link ( harganya 300an ) , dan pemancar TL-WA5210G ( saya tebus 465.000 garansi 3 bulan )
  2. Langkah Kedua adalah penyambungan, dimana kabel UTP dari outdoor masuk ke POE ( ada dalam kemasan outdoor ) dan kabel kedua masuk dari LAN POE ke LAN indoor.
  3. Langkah ketiga adalah setting modem outdoor. Masuk dulu ke dashboar admin outdoor dengan koneksi kabel. ketik di browser 192.168.1.254 user name : admin , pasword : admin. kemudian setting sesuai dengan wizard yang tersedia.
  4. Kalau Anda ganteng... .....twing muncul deh sinyal si bongsor.
  5. kalau belum jelas, bisa email saya :D
cara setting TL-WA5210G

Receiver transmitter outdoor wireless

User di jaringan saya

Pemasangan dan setting Tp Link 2.4 High Power Wireless Outdoor CPE TL-WA5210G Pemasangan dan setting Tp Link 2.4 High Power Wireless Outdoor CPE  TL-WA5210G Reviewed by JFOA on January 09, 2014 Rating: 5

21 comments:

  1. nyetting router TP-Link W8151N gmna gan?? misalnya ane pake koneksi dari modem USB GSM, tapi mw ane share lewat router tersebut.
    ube rampenya apa?
    mumpung msh ada modem router bekasan subscribe ke spidol dlu..
    muhun bimbingannya...

    blogwalking lagi ahhh
    blogger_jogja
    @KataAwank

    Passion Dalam Blogging

    ReplyDelete
  2. kalo share dari komputer ke W8151N blm ane coba gan. bila pake Laptop, Kenapa ga pake wifi bawaan laptop saja?, seruangan bisa tercover tuh. Tinggal ketik : adhoc di dalam kolom search ( atas start ) trus ikutin wizardnya. Laptop agan jadi router portable deh

    ReplyDelete
  3. Gan Maaf Nih Numpang Tanya.. Boleh Ngga Di Capture Langkah-langkah pas setting di bagian wifi outdoornya.. biar lebih jelas dan lengkap makasih gan sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh ndelalah dah ilang gan capturannya #sorry

      Delete
  4. saya punya WIFI Outdoor TPLINK TL-WA5210G sudah saya settiing dan bisa masuk ke settingan admin wifinya, tapi begitu saya coba di tempat lain kok ga bisa masuk ke aplikasi settingannya walaupun sudah saya masukan ip defaultnya dan sudah di reset. kira - kira apakah perangkatnya mati atau gimana? ada yang bisa bantu ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini maksudnya gimana ya gan? "begitu saya coba di tempat lain kok ga bisa masuk ke aplikasi settingannya walaupun sudah saya masukan ip defaultnya dan sudah di reset"

      Delete
  5. askumm..cara menghubungkan AP TPLINK TL-WA5210G dengan mikrotik 450 g .gimana cara nichh????? ada yng bisa bantu

    ReplyDelete
  6. Mas Didin cb cek setingan DHCP atau Gateway atau perangkat lainnya jangan sampe ada yang Broadcast pada segment yang sama.

    ReplyDelete
  7. AnonymousJune 26, 2014

    kalo mau d pakai usb modem gsm, harus nambah alat apa lagi gan selain pc?

    ReplyDelete
  8. Mas Wira, saya lihat dari gambar itu antena omninya disambungin ke pemancar TL-WA5210Gnya ya? Berarti topologinya; Antena omni - AP outdoor - AP indoor, begitu? Dari sekian banyak review soal TL-WA5210G, semuanya pada bilang AP itu jika ditambah antena external maka gainnya akan turun. Apa Mas Wira juga mengalami hal itu ato TL-WA5210Gnya udah mas oprek dalemannya?
    Matur Nuwun

    ReplyDelete
  9. mas, kalo buat hotspot dari modem gsm > komputer > TL-WA5210G bagaimana mas? mohon pencerahannya.
    tom140324412@gmail.com

    ReplyDelete
  10. tolong sketsanya yg jelas pak dan bagaimana kalau penambahannya menggunakan tl mr 3420 dgn modem Huawei e 173 kartu GSM

    ReplyDelete
  11. proses settingnya gmn yach?

    ReplyDelete
  12. mau tanya, pake yang kayak gtu jangkauan sinyalnya berapa jauh yah, ?

    jarak dari kantor ke rumah saya sekitar 500 m, jika saya ingin internet/wifi kantor saya bisa sampai ke rumah, pake router apa?

    terimakasih, mohon bantuannya,,

    ReplyDelete
  13. numpang nanya,sy pasang speedy indihome. Untuk memancarkan jarak jauh sy pake WA5210G. Antena yang cocok untuk AP tersebut apa? Katanya dari pengalaman temen2 AP WA5210G, gak bisa pake antena luar, jadi down.

    Mohon Informasinya, terima kasih
    Boqies, Bandung

    ReplyDelete
  14. gan kalo tinggi nya gitu apa enggak kesamber petir kalo ujan deres??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga gan aman dah setahun lebih

      Delete
  15. Gan apa benar AP freq 2.4 ghz bisa laangsung ketangkep sinyal wifinya di gadget/laptop?

    ReplyDelete
  16. Jangkauan jarak nya brp?

    ReplyDelete